Paper Review : Factors Influencing e-commerce Development: Implications for The Developing Countries

Jurnal oleh : Christian Mbayo Kabango, Asa Romeo Asa,

School of Management Science, Wuhan University of Technology, China 

Ketersediaan dan pertumbuhan yang terus-menerus dari Teknologi Internet (TI) telah menciptakan banyak peluang bagi penggunanya di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari jasa teknologi internet dan menggunakannya di segala hal. Penggunaan teknologi internet untuk membuat bisnis online dikenal sebagai Electronic Commerce (E-Commerce).

Bisnis-bisnis yang menerapkan E-Commerce di negara-negara berkembang menghadapi tantangan substansial yang lebih besar dari bisnis di negara-negara maju karena tidak dapat diandalkannya koneksi internet, ketersediaan minim dalam mengakses internet dikarenakan infrastruktur yang buruk, tingginya biaya yang diperlukan, dan juga rendahnya sosialisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di seluruh negeri (Molla dan Licker, 2005b; Molla dan Licker, 2005a).

Perkembangan e-commerce dalam penelitian ini diukur dari empat aspek yang digambarkan pada diagram di bawah. Penelitian ini memungkinkan peneliti untuk menemukan sikap umum dan subjektivitas masing-masing, secara teknologi dan transaksional. Menentukan koneksi dan efek sikap tersebut terhadap e-commerce merupakan hal penting untuk mengembangkan e-commerce.

Capture

Pada jurnal ini, dijelaskan 6 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bisnis e-commerce di negara berkembang. Diantaranya yaitu :

  • Kepercayaan
  • Keamanan, penipuan dan hacking
  • Kesadaran dan kegunaan yang dirasakan
  • Aksesibilitas
  • Kualitas yang didapatkan
  • Peran Pemerintah

Jurnal asli dapat diunduh disini

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s