Paper Review : Management Information System Case Study of Amazon.Com

Jurnal oleh : Ayse Demir, University of Wales

Organisasi di bawah industri e-commerce berupaya mencapai keunggulan kompetensi  dengan menciptakan dan mempertahankan proses unik untuk mengumpulkan informasi pribadi tentang pelanggan dan tren pembelian mereka. Salah satunya yaitu Amazon.com. Amazon menggunakan sistem manajemen informasi sebagai alat yang dinamis untuk mencapai keunggulan kompetitif melalui pengelolaan dan perolehan informasi yang efisien. Studi ini melibatkan penilaian praktek MIS (Management Information System) terbaik untuk Amazon sepanjang aktivitas rantai nilai. Keunikan MIS dalam konteks ini disorot dalam laporan melalui penilaian teknologi, proses dan sistem yang digunakan Amazon langsung dari tahapan awal yaitu inisiasi pengguna akhir dengan situs web sampai tahapan akhir yaitu metode pembayaran dan pengiriman dipilih.

Management Information System membantu organisasi dan sistemnya untuk berintegrasi secara efektif dan efisien untuk menghasilkan sinergi antara interaksi orang dan sistem informasi. MIS memfasilitasi keputusan manajemen pada tingkat strategis dan operasional sebuah organisasi. Kasus Amazon.com mencerminkan keberhasilan penyelarasan sistem informasi dengan keseluruhan sasaran strategis organisasi. Amazon telah menyempurnakan strategi E-commerce nya dengan cara menjaga agar sistem situsnya unik dan terpisah dari sistem pemesanannya. MIS telah memainkan peran penting dalam pengembangan perusahaan dalam konteks global (Weber, 2010). Amazon telah menggunakan MIS sebagai alat yang dinamis untuk menyederhanakan aktivitas pengelolaannya dan pada saat yang sama memastikan bahwa pelanggan ditawarkan dengan layanan beragam melalui MIS (Cao, 2011).

Pada bagian penjelasan, penulis memberikan beberapa solusi yang membantu dalam pengembangan amazon.com, diataranya :

  • Meningkatkan penyortiran produk dan meningkatkan intervensi anti-phishing
  • Integrasi operasi website dengan jejaring sosial
  • Menetapkan intervensi pengelolaan hubungan pelanggan di seluruh operasi bisnis Amazon
  • Melaksanakan sistem kecerdasan buatan dan agen virtual cerdas
  • Sesuaikan kampanye pemasaran
  • Selesaikan kesenjangan yang ada antara kegiatan pemasaran dan penjualan Amazon

Terbukti dari laporan bahwa ada banyak ruang bagi Amazon untuk meningkatkan manajemen hubungan pelanggan melalui perencanaan sumber daya Perusahaan.

Jurnal asli dapat diunduh disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s