Paper Review : Manajemen Pengetahuan Pada Industri Hotel Sebelum dan Sesudah Masuk Uni Eropa Studi Kasus Slovenia

Jurnal oleh : Helena Nemec Rudez

Jurnal ini membahas dampak masuknya Slovenia menjadi anggota Uni Eropa pada manajemen pengetahuan di industri perhotelan. Untuk tujuan ini, penelitian empiris tentang manajemen pengetahuan dilakukan diantara manajer hotel. Jurnal Ini mengeksplorasi perubahan dalam manajemen pengetahuan antara tahun 2003 dan 2006; adalah sebelum dan sesudah Slovenia memasuki UNI EROPA. Pencarian di tempat lain mengungkapkan sebuah kemajuan dalam periode waktu ini dalam definisi tujuan manajemen pengetahuan, transformasi pengetahuan yang tidak dimiliki untuk dimiliki, dimasukkannya manajemen pengetahuan dalam laporan bisnis, identifikasi dan penghapusan kesenjangan antara pengetahuan yang direncanakan dan aktual. Di sisi lain, ada lagi kemajuan dalam bidang strategi dan kebijakan manajemen pengetahuan persepsi akan pentingnya pengukuran manajemen pengetahuan ini, pengembangan tindakan manajemen pengetahuan dan hambatan untuk pengembangan pengetahuan. Selanjutnya, beberapa rekomendasi yang disarankan untuk manajer Hotel.

Menurut temuan tersebut, ancaman terbesar yang dihadapi industri hotel Slovenia setelah masuk ke UNI EROPA adalah tidak adanya cepatnya penciptaan pengetahuan baru. Ada kebutuhan mendesak akan manajemen pengetahuan yang hati-hati dan terarah untuk menciptakan peluang nyata bagi perkembangan industri perhotelan di Slovenia. Oleh karena itu, untuk menutup kesenjangan di bidang manajemen pengetahuan, Manajemen pengetahuan di industri hotel Slovenia memerlukan perubahan besar dalam bidang pengembangan strategi dan kebijakan pengetahuan.

 Kesimpulan

  • Strategi perusahaan hotel Slovenia harus lebih berorientasi pada pengelolaan pengetahuan.
  • Kebijakan perusahaan hotel harus memberikan panduan yang lebih jelas di bidang manajemen pengetahuan. Hal ini berarti bahwa proses bisnis harus difokuskan pada pengembangan pengetahuan.
  • Pengukuran manajemen pengetahuan harus dikembangkan secara sistematis. Manajemen puncak perusahaan hotel dapat mendukung pengelolaan pengetahuan dengan mengenali nilai pengetahuan.
  • Hambatan yang memahami pengembangan manajemen pengetahuan harus dikelola dengan lebih efisien. Hal ini akan memastikan tersedianya pengetahuan kapanpun bila sangat penting dan distribusinya kepada semua orang di perusahaan dan kepada pelanggannya.

Jurnal Asli dapat diunduh disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s